Cara Custom Splash Screen Adobe Illustrator

Ketika kita membuka sebuah software atau perangkat lunak pada komputer atau laptop, pasti yang pertama kali yang muncul adalah tampilan pembuka atau biasa disebut Splash Screen. Dalam artikel ini, saya akan memandu teman-teman sekalian serta memberikan tips tentang bagaimana mengubah Splash Screen pada aplikasi Adobe Illustrator.

Image by Sony Feo

Sebelum kita lanjut pada pembahasannya, saya ingin teman-teman ketahui terlebihi dahulu terkait apa fungsi dan kegunaan dari Splash Screen tersebut.

Apa itu Splash Screen?

Splash screen atau dengan kata lain adalah "layar pembuka" adalah gambar atau animasi yang ditampilkan saat sebuah aplikasi perangkat lunak teman-teman sedang dimuat atau dibuka. Splash screen biasanya muncul sebelum antarmuka pengguna utama aplikasi ditampilkan. Tujuan utama splash screen adalah memberikan umpan balik kepada pengguna bahwa aplikasi sedang dimuat dan untuk memberikan kesan awal pada setiap aplikasi.

Fungsi dari splash screen adalah:

  • Memberikan Umpan Balik: Splash screen memberikan umpan balik visual kepada pengguna bahwa aplikasi sedang dimuat. Ini memberikan kejelasan bahwa aplikasi sedang bekerja dan tidak membeku.
  • Membuat Kesempatan Branding: Splash screen dapat digunakan untuk menampilkan merek atau logo perusahaan, memberikan kesempatan untuk branding sebelum pengguna memasuki aplikasi.
  • Memberikan Informasi Pendek: Kadang-kadang, splash screen dapat berisi informasi singkat seperti nama aplikasi, versi, atau keterangan lain yang berguna bagi pengguna.
  • Menjaga Konsistensi Antar Platform: Dalam pengembangan lintas-platform, splash screen dapat membantu dalam menjaga konsistensi pengalaman pengguna antar platform.

Mengubah tampilan Splash Screen pada Adobe Illustrator?

Pertama teman-teman cari lokasi folder dimana aplikasi Adobe Illustrator terinstal, sebagai contoh pada komputer saya seperti ini :
C:\Program Files\Adobe\Adobe Illustrator 2022\Support Files\Contents\Windows


Kemudian teman-teman copy ketiga file berformat png dengan nama sebagai berikut :
  • ai_cc_splash
  • ai_cc_splash@2x
  • ai_cc_splash@3to2x

Setelah ketiga file tersebut dicopy teman-teman buat folder baru kemudian paste pada folder tersebut. Berikutnya edit ketiga file tersebut menggunakan Aplikasi Photoshop, carannya sebagai berikut:

Buatkan sebuah kotak menggunakan Rectangle Tool pada layer baru, untuk menutupi gambar Splash screen bawaan aplikasi Illustrator.


Pada bagian panel properties edit cornernya menggunakan Rounded menjadi 15 px pada setiap sudut


Kemudian langkah berikutnya adalah mengimpor gambar/ilustrasi atau foto teman-teman diatas layer kotak yang berwarna merah tadi, kemduan jangan lupa Clipping Mask.


Maka, tampilannya akan seperti pada gambar ini, sebagai contoh disini saya menggunakan foto saya sendiri.


Penting : Ketiga-tiganya harus teman-teman edit yah, caranya sama seperti diatas, karna ketiga file tersebut ukurannya berbeda, tinggal teman-teman sesuaikan saja.

Setelah ketiga file tersebut sudah di edit, saatnya teman-teman export menggunakan format png, jangan lupa nama filenya harus sama, tidak boleh beda yah, agar tidak terjadi error saat pengaplikasian. Gunakan nama file seperti dibawah ini:
  1. ai_cc_splash
  2. ai_cc_splash@2x
  3. ai_cc_splash@3to2x
Langkah terakhir adalah teman-teman Copy semua file yang sudah diedit kemudian pergi ke folder C:\Program Files\Adobe\Adobe Illustrator 2022\Support Files\Contents\Windows.
Kemudian Pastekan!


Ketika muncul pop-up seperti gambar diatas teman-teman pilih opsi "Replace the files in the destination"

Nah sampai disini sudah selesai, teman-teman silahkan buka aplikasi Adobe Illustator dan lihat perubahannya! Pastikan ikuti langkah-langkah diatas dengan baik dan benar yah dan jangan lupa file PSDnya di simpan, karena apabila suatu saat teman-teman ingin mengubahnya lagi, langsung saja diedit sesuai dengan kreatifitas kalian.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "Cara Custom Splash Screen Adobe Illustrator"